Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Contoh Format Nomor Bangku Ujian Semester PTS/PAS di SD/MI denga Mudah

SERBARENA  - Sebelum pelaksanaan ujian PTS dan PAS tentu membuat sibuk oleh operator sekolah atau staf tata usaha dan juga panitia dari guru di sekolahnya. Misalnya membuat nomor bangku ujian semester PTS dan PAS. Maka dari itu saya membuat contoh format nomor bangku untuk sekolah SD atau MI agar kalian lebih mudah dalam pengerjaan sebagai panitia ujian semester. Ujian PTS atau penilaian tengah semester dan PAS atau penilaian akhir semester membuat semua panitia ujian sibuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Banyak sekali hal yang harus di kerjakan sebagai panitia ujian semester. Misalnya PTS atau PAS. Ujian PTS biasanya dilakukan untuk ujian semester ganjil. Sementara PAS dilaksanakan untuk setiap semester genap. Sehingga setiap setahun sekali membuat nomor bangku ujian semester. Ke sini saya membuat contoh format nomor bangku ujian semester. Sebenarnya sangat mudah sekali dalam pembuatan nomor bangku ujian semester untuk sekolah SD atau MI. yang paling penting adalah kalian haru...

Solusi dan Cara Jumlah iklan Adsense yang dapat Anda tampilkan telah dibatasi

SERBARENA – Pembatasan penayangan iklan oleh Adsense telah dibatasi tentu karena memiliki alasan kuat. Alasan tersebut terutama pada pelanggaran dari kebijakan privasi dari Google Adsense. Jangan khawatir dan berfikir yang tidak jelas. Tenang, permasalahan ini tidaklah fatal. Kalian hanya di ingatkan bahwa terdapat kesalahan dan jangan diulangi lagi. Kalian harus menata ulang sesuai kebijakan privasi Google Adsense. Baca Juga :  12 Syarat Mendaftar Google Adsense Blog Agar Langsung Diterima agar Adsense tidak mudah kena pembatasan Penyebab Pembatasan Penayangan Iklan oleh Google Adsense Penayangan iklan yang disebabkan oleh traffic yang tidak valid dapat membuat kita menjadi frustasi. Hal ini menyebabkan kita tidak mendapatkan uang alias berhenti sementara waktu. Solusinya adalah segera cari solusi agar cepat kembali pulih dan saldo Adsense kembali berjalan lagi. Namun kenali dulu penyebab dan kenapa bisa iklan menjadi dibatasi. Berikut solusinya : Akun Adsense Masih dalam Penilai...

Contoh Absensi Keterlambatan Siswa Masuk Sekolah SD/SMP/SMA

SERBARENA - perbuatan siswa di sekolah belakangan ini semakin lama semakin susah untuk memiliki sifat disiplin. Salah satu contohnya adalah keterlambatan siswa datang masuk ke sekolah. Siswa yang terlambat masuk sekolah ternyata tidak hanya di satu sekolahan kita saja namun banyak sekolah yang mengalahkan dengan hal yang sama yaitu siswa datang terlambat. Siswa yang datang terlambat tentu memiliki banyak alasan. Alasan siswa yang datang terlambat masuk sekolah kata-kata bisa di terima juga tidak bisa diterima. Salah satu alasan keterlambatan siswa yang datang masuk sekolah yang tidak bisa diterima antara lain : Bangun kesiangan dari rumah Tidak melihat ternyata sekarang sudah jam 7 lebih Menunggu temannya untuk datang bersama-sama Antri membeli jajan di toko sebelah Dan masih banyak yang lainnya Alasan keterlambatan siswa yang bisa dimaklumi sebagai berikut : Ban sepeda bocor di tengah jalan Habis mengantar orang tuanya ke pasar Membersihkan rumah karena tidak ada orang tuanya Dan mas...

Perbedaan silabus dan RPP: Pengertian, Prinsip Pengembangan dan Komponen

SERBARENA - sebagai pendidik atau guru baru tentu bingung Apa perbedaan dari Silabus dan RPP. sebagai pendidik atau guru yang senior tentu sudah biasa dan tentu membosankan juga. Mari kita belajar dari Apa yang membedakan RPP dengan silabus.

Di halaman ini saya langsung membandingkan satu-persatu agar memudahkan anda untuk memahami apa itu RPP dan Silabus

1. PENGERTIAN

Pengertian Silabus

secara sederhana silabus adalah perencanaan yang sangat mendasar sebagai pendidik selama pembelajaran dengan siswa di waktu mendatang. Dengan silabus anda guru akan lebih mendapatkan hasil yang maksimal dari mengajari peserta didik.

menurut sukandar tahun 2011 silabus adalah sebuah rencana pembelajaran secara individu maupun kelompok dengan mata pelajaran tertentu yang mencakup:
  • Kompetensi dasar
  • Standar kompetensi
  • Materi pokok atau pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Indikator pencapaian untuk penilaian siswa
  • Penilaian
  • Alokasi waktu
  • Dan sumber belajar
Sedangkan menurut Yulaelawati bahwa silabus merupakan seperangkat rencana dan pelaksanaan selama pembelajaran dengan penilaian yang dibuat berdasarkan komponen tertentu agar mencapai tujuan dari koperasi dasar.

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai silabus secara garis besar adalah sebuah perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara individu maupun kelompok dengan siswa dengan standar kompetensi tertentu. standart komponen tertentu harus dipertimbangkan juga dalam pembuatan silabus.

Tanpa adanya silabus seorang guru tidak akan maksimal untuk mengajarkan siswanya. Begitu juga siswa atau peserta didik tidak akan maksimal untuk mendapatkan ilmu.

Pengertian RPP

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menurut kunandar tahun 2011 dalam bukunya halaman 263 menjelaskan RPP adalah rencana yang menggambarkan an-nas pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dan dijabarkan dari silabus.

sedangkan menurut peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 pasal 20 menyatakan bahwa dalam merencanakan proses pembelajaran yang didalamnya Silabus dan RPP harus didasarkan dengan standar kompetensi tertentu.

Kesimpulan

Silabus merupakan sebuah perencanaan yang mendasar dan didasarkan dengan standar kompetensi tertentu untuk proses belajar di waktu mendatang.

Sedangkan RPP merupakan penjabaran yang lebih rinci dan mendetail dari silabus untuk proses belajar mengajar di waktu mendatang.

Perbedaan dari Silabus dan RPP yaitu silabus lebih ke standart potensi tertentu sedangkan RPP perencanaan dari penjabaran silabus.

2. PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP

Dalam proses pembuatan silabus dengan RPP tentu memiliki prinsip tertentu yang harus diperhatikan. mengembangkan proses pembelajaran dari silabus yang sangat mendasar kemudian dijabarkan menjadi RPP tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus di munculkan dan dikerjakan. 

Silabus

Dalam bukunya Trianto tahun 2010 halaman 99 dalam mengembangkan silabus memiliki langkah-langkah sebagai berikut
  1. mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang tercantum dalam standar isi
  2. mengidentifikasi materi pokok pembelajaran dalam menunjang pencapaian kompetensi dasar
  3. Mengembangkan kegiatan belajar mengajar dirancang untuk membuat pengalaman peserta didik dalam melibatkan proses mental dan fisik untuk pencapaian kompetensi dasar
  4. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi untuk menyusun alat penilaian
  5. Menentukan jenis penilaian berdasarkan indikator menggunakan proses dalam bentuk tertulis
  6. Menentukan alokasi waktu setiap kompetensi dasar dalam mata pelajaran perminggu sesuai kebutuhan siswa yang beragam
  7. Menentukan sumber belajar berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar

Prinsip RPP

Sedangkan RPP memiliki 10 prinsip penyusunan yang harus diterapkan oleh seorang pendidik atau guru. 10 prinsip seperti apakah itu?
  1. Setiap RPP harus dan wajib memuat tentang kompetensi dasar :
    • Sikap spiritual
    • Sikap sosial
    • Pengetahuan dan
    • Keterampilan
  2. RPP dilaksanakan 1 kali pertemuan atau lebih
  3. RPP disusun berdasarkan perbedaan setiap individu siswa yang harus diperhatikan antara lain :
    • Perbedaan kemampuan awal
    • Tingkat intelektual
    • Minat dan bakat
    • Motivasi belajar
    • Potensi
    • Kemampuan sosial
    • Emosi
    • Saya belajar
    • Kebutuhan khusus
    • Kecepatan belajar
    • Latar belakang budaya
    • Norma
    • Nilai dan atau
    • Lingkungan peserta didik
  4. Proses pembelajaran direncanakan dan dikhususkan untuk peserta didik saja. Hal ini bertujuan untuk :
    • Mendorong motivasi
    • Minat
    • Kreativitas
    • Inisiatif
    • Inspiratif
    • Kemandirian dan
    • Semangat belajar
  5. Berbasis konteks yang mana proses pembelajaran dengan lingkungan sekitar dijadikan sebagai sumber belajar
  6. Berorientasi pada kekinian dan pengembangan ilmu terbaru dari nilai kehidupan masa kini
  7. mengembangkan kemandirian belajar serta memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri
  8. Memberikan umpan balik terhadap hasil RPP yang positif, menguatkan, pengayaan dan remedi
  9. Memiliki keterkaitan antar kompetensi dan atau antar muatan
  10. Memanfaatkan teknologi yang ada untuk menyusun RPP agar lebih terintegrasi, sistematis dan efektif sesuai situasi dan kondisi

3. KOMPONEN SILABUS DAN RPP

Setiap Silabus dan RPP tentu memiliki komponen yang harus ada dalam pembuatan laporan. Seorang guru atau pendidik dalam mengerjakan Silabus dan RPP harus dengan benar-benar terarah tanpa mengarang atau mengira-ngira.

Langsung saja kita bahas mengenai komponen dari silabus dan kemudian dilanjutkan ke RPP.

Komponen Silabus

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah dan termasuk identitas pada umumnya seperti nama pelajaran dan kelas
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Tema (khusus SD/MI/SLDB/Paket A dll)
  6. Materi pokok :
    • Membuat fakta
    • Konsep
    • Prinsip
    • Prosedur yang relevan
    • Semua ditulis dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  7. Pembelajaran oleh pendidik ke peserta didik harus dilakukan dengan mencapai kepentingan si
  8. Penilaian dalam menentukan pencapaian hasil belajar
  9. Alokasi waktu
  10. Sumber belajar yang meliputi dari buku, media cetak lain, informasi berita dan elektronik

Komponen RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: ................................
Kelas/ Semester: ..................................
Tema/ Subtema: ....................................
Alokasi Waktu: ....................................

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
  • ....................... (KD pada KI-1)
  • ....................... (KD pada KI-2)
  • ....................... (KD pada KI-3)
  • Indikator: .......................
  • ....................... (KD pada KI-4)
  • Indikator: .......................
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • Pendahulaun (... menit)
  • Kegiatan Inti (... menit)
  • Penutup (... menit)
H. Penilaian
  • Jenis/ Teknis Penilaian
  • Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
  • Pedoman Penskoran

4. KESIMPULAN

Silabus
  • Perencanaan dalam satu semester
  • Langkah-langkah kegiatan belum rinci
  • Tidak ada langkah-langkah pembelajaran
Rpp
  • Perencanaan dalam satu KD, BAB atau 1 kali pertemuan
  • Langkah kegiatan berdiri dalam: kegiatan awal, kegiatan inti kegiatan penutup
  • Terdapat langkah-langkah pembelajaran

Posting Komentar